[SALAH] Video Helikopter Lepaskan Nyamuk Milik Bill Gates
By: Date: 22 September 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Informasi menyesatkan. Bukan nyamuk, aktivitas helikopter pada video itu adalah kegiatan pengungkapan gender atas kelahiran anak dengan menggunakan suar yang digantung di bawah helikopter agar tidak mengenai pesawat tersebut.

======

[KATEGORI]: KONTEN YANG MENYESATKAN

======

[SUMBER]: TWITTER (https://archive.fo/smMDa)

======

[NARASI]:

“WATCH: Helicopter dropping Bill Gates’ mosquitoes”

======

[PENJELASAN]:

Sebuah akun Twitter bernama GammieveMMO mengunggah video yang memperlihatkan sebuah helikopter tengah terbang dan dari bagian bawah pesawat tersebut keluar benda seperti asap yang diklaim merupakan pelepasan nyamuk rekayasa genetik milik Bill Gates.

Berdasarkan hasil penelusuran, melansir dari AP News, ahli entomologi di Laboraturium Entomologi Medis Florida, Lawrence Reeves menjelaskan tidak logis jika zat gelap yang dilepaskan helikopter itu adalah kumpulan nyamuk.

“Nyamuk itu rapuh, dan membendung nyamuk dalam kepadatan tinggi akan menyebabkan banyak nyamuk mati. Apa yang anda lihat dalam video itu tidak menggambarkan pelepasan nyamuk”, kata Reeves.

Pada pemberitaan AP News juga menerangkan bahwa aktivitas helikopter di video itu lebih mengarah pada kegiatan pengungkapan gender anak.

Jose Corona, seorang pilot Alamo Hellicopter Tours di Texas, mengatakan upaya itu tampaknya merupakan pengungkapan gender, dengan menggunakan suar yang digantung di bawah helikopter agar tidak mengenai pesawat tersebut.

Sementara itu, Tom McDermott, manajer Hellicopter Academy di Florida juga setuju bahwa helikopter tersebut mengungkapkan gender dan warnanya tampak biru, yang biasanya berarti anak tersebut adalah laki-laki.

Sekedar informasi, pesta pengungkapan gender anak dengan berbagai cara biasa dilakukan oleh banyak orang tak terkecuali menggunakan helikopter. Warna biru biasanya untuk mengungkapkan gender laki-laki dan warna pink untuk gender perempuan.

======

REFERENSI:

https://apnews.com/article/fact-check-video-false-helicopter-mosquitoes-bill-gates-846967139889

https://www.antaranews.com/berita/3734799/hoaks-video-helikopter-lepaskan-nyamuk-hasil-rekayasa-genetika

https://www.idntimes.com/hype/entertainment/siti-andini/gender-reveal-unik-ala-artis-indonesia-c1c2