[SALAH] Video Ratusan Lumba-lumba Berenang di Lautan Setelah Erupsi Gunung di Meksiko
By: Date: 11 Desember 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Moch. Marcellodiansyah

Faktanya video tersebut berlokasi di lepas pantai California selatan yang diambil pada Maret 2021, tidak ada kaitannya dengan erupsi yang terjadi di Meksiko pada November 2023.

= = =

Kategori: Konteks yang Salah

= = =

Sumber: Twitter

https://ghostarchive.org/archive/Tttfb

= = =

Narasi:

“#BREAKING #UPDATE – MUST SEE – A VIDEO captured in #Mexico shows a pack of hundreds of #Dolphins swimming in large pods as #Popocatepetl erupted earlier today. #naturaldisaster #eruption #VolcanicEruption #volcano #seismic  #AnimalLovers #iceland #Japan #Etna #earthquake #Italy #Russia”

Terjemahan:

“#BREAKING #UPDATE – WAJIB DILIHAT – VIDEO yang diambil di #Meksiko menunjukkan ratusan #Lumba-lumba berenang dalam kelompok besar saat #Popocatepetl meletus hari ini. #bencana alam #letusan #Letusan Gunung Berapi #gunung berapi #seismik #Pecinta Hewan #iceland #Jepang #Etna #gempa bumi #Italia #Rusia”

= = =

Penjelasan:

Postingan di Twitter membagikan video yang menunjukkan sekumpulan lumba-lumba berenang di lautan, kejadian tersebut diklaim berada di Meksiko setelah erupsi gunung Popocatépetl pada November 2023.

Namun faktanya video tersebut berlokasi di lepas pantai California selatan yang diambil pada Maret 2021. Video tersebut sudah terpublikasi oleh channel YouTube Dana Poin Whale Watching, dalam deskripsinya menyebut perilaku lumba-lumba berenang begitu cepat secara berkelompok disebut Dolphin Stampede. Sehingga tidak ada kaitannya dengan erupsi gunung di Meksiko pada November 2023.

Dengan demikian, video ratusan lumba-lumba berenang di lautan setelah erupsi gunung di Meksiko adalah tidak benar dengan kategori Konteks yang Salah.

= = =

Referensi:

https://uk.news.yahoo.com/ash-billows-popocatepetl-volcano-234339974.html

= = =