[SALAH] Video “SELURUH UMAT MUSLIM BERSATU LINDUNGI INDONESIA DARI SERANGAN UNI EROPA”
By: Date: 14 April 2023 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

MENYESATKAN, isi video TIDAK berkaitan dengan Uni Eropa. FAKTA: selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang ancaman Arab Saudi ke Amerika Serikat berkaitan dengan pemangkasan produksi minyak dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan konflik antara Uni Eropa dengan Indonesia.

Selengkapnya di bagian PENJELASAN dan REFERENSI.

KATEGORI: Konten yang Menyesatkan.

SUMBER: Facebook, https://archive.ph/aKCox (arsip cadangan).

NARASI: “DETIK-DETIK MENEGANGKAN, SELURUH UMAT MUSLIM BERSATU LINDUNGI INDONESIA DARI SERONGAN UNI EROPA”.

PENJELASAN

Berdasarkan 7 Jenis Mis- dan Disinformasi oleh First Draft News, termasuk “Konten yang Menyesatkan: Penggunaan informasi yang sesat untuk membingkai sebuah isu atau individu”. [1]

SUMBER membagikan konten yang isinya menimbulkan kesimpulan yang MENYESATKAN, FAKTA: isi video TIDAK berkaitan dengan Uni Eropa. Selain berisi potongan-potongan video yang TIDAK berkaitan, video sebenarnya berisi pembacaan artikel tentang ancaman Arab Saudi ke Amerika Serikat berkaitan dengan pemangkasan produksi minyak dengan mengganti aspek tertentu untuk mengesankan konflik antara Uni Eropa dengan Indonesia.

Verifikasi Video

Salah satu sumber dengan bagian video yang identik, Sekretariat Presiden di YouTUbe pada 18 Nov 2022: “Presiden Lakukan Pertemuan dengan MBS Presiden Joko Widodo melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Arab Saudi Mohammed bin Salman (MBS) di sela penyelenggaraan KTT APEC di Queen Sirikit National Convention Center, Bangkok, Jumat pagi 18 November 2022. …” [2]

Salah satu sumber artikel yang dibaca, TEMPO.CO. pada 17 Okt 2022: “Pangeran Arab Saudi Saud al-Shaalan, yang merupakan sepupu Putra Mahkota Arab Saudi, Mohammed bin Salman, mengancam akan melakukan tindak kekerasan terhadap Amerika Serikat. Ancaman ini diungkapkan di tengah memburuknya hubungan Arab Saudi dan AS atas keputusan OPEC+ memangkas produksi minyak. …” [3]

Referensi Lainnya yang Berkaitan

Hasil pencarian Google Video, kata kunci: “jokowi mbs apec 2022”. [4]

Hasil pencarian Google News, kata kunci: “jokowi mbs apec 2022”. [5]

REFERENSI

[1] firstdraftnews.org: “Memahami gangguan informasi” (Google Translate), https://bit.ly/3wHx0lO / https://archive.ph/iCp3w (arsip cadangan).

[2] youtube.com: “Pertemuan Presiden Jokowi dengan Putra Mahkota Arab Saudi, Bangkok, 18 November 2022”, https://bit.ly/3msPAgA / https://archive.ph/8rwae (arsip cadangan).

[3] tempo.co: “Pangeran Arab Saudi Bikin Heboh, Ancam Amerika dengan Jihad dan Syahid”, http://bit.ly/3KygCv8 / https://archive.ph/Bljpi (arsip cadangan).

[4] google.com, https://bit.ly/3Uw127G / https://ghostarchive.org/archive/nLdWq (arsip cadangan).

[5] google.com, https://bit.ly/3KTfC55 / https://ghostarchive.org/archive/wSSBG (arsip cadangan).

CATATAN: Kesalahan penulisan narasi “SERONGAN” dikoreksi menjadi “SERANGAN” di judul artikel.