[SALAH] Warga Israel Dapat Jaminan Kesehatan Gratis dari Pemerintah AS
By: Date: 20 Januari 2024 Categories: Cek.Fakta,fakta,Hoax

Hasil periksa fakta Evarizma Zahra.

Konten yang menyesatkan. Pemerintah AS hanya memberikan visa waiver sebagai kemudahan bagi warga Israel untuk masuk ke AS, bukan jaminan kesehatan gratis.

=====

KATEGORI: KONTEN YANG MENYESATKAN

=====

Sumber: Twitter
https://archive.ph/4p6MB

=====

Narasi:
(Diterjemahkan ke Bahasa Indonesia):

“Tahukah Anda bahwa orang Israel dapat terbang ke AS dan menerima prosedur medis gratis termasuk sumbangan organ dari Amerika, sementara orang Amerika harus membayar untuk prosedur yang sama dan tidak mendapatkan layanan kesehatan gratis?”.

=====

Penjelasan:
Akun Twitter bercentang biru @gradstudentl1fe mengunggah video yang disertai penjelasan bahwa warga Israel bisa mendapatkan jaminan kesehatan gratis dari pemerintah AS serta mendapat donor organ gratis. Cuitan dan video yang diunggah pada 10 Januari tersebut telah disukai 3,095 orang, dibagikan dan dikutip ulang hampir 2,000 kali, serta telah dilihat sebanyak 153,800 kali.

Setelah dilakukan penelusuran, informasi tersebut menyesatkan. Tidak ada pernyataan resmi dari pemerintah AS mengenai jaminan kesehatan gratis bagi warga Israel yang akan tinggal di AS. Selain itu, bantuan kepada warga sipil Israel di AS hanya sebatas Visa Waiver Program (VWP), yang penjelasan lengkapnya ada di dokumen resmi yang dikeluarkan US Customs and Border Protection.

Wendy Parmet, ketua dari Center for Health Policy and Law juga mengatakan kepada AFP USA bahwa tidak ada preferensi dan tindakan spesial kepada warga negara Israel di AS perihal jaminan kesehatan.

Dengan demikian, informasi yang disebarkan @gradstudentl1fe merupakan konten yang menyesatkan.

=====

Referensi:
https://www.cbp.gov/sites/default/files/assets/documents/2023-Oct/Israel%20VWP%2020231019.pdf

https://factcheck.afp.com/doc.afp.com.34EK8WL