Siswi SMA Melahirkan Saat Ujian Tak Menunjukkan Tanda-Tanda Kehamilan, Apa Penyebab Perut Kecil Saat Hamil?
By: Date: 2 Desember 2023 Categories: hamil,Kehamilan

Suara.com – Heboh seorang siswi SMA kelas X melahirkan di kelas saat sedang mengikuti ujian akhir semester. Peristiwa tersebut terjadi di SMA Negeri 1 Sampang, Jawa Timur, pada Kamis (30/11/2023).

Yang mengejutkan, baik pihak sekolah maupun keluarga tak ada yang mengetahui kalau siswi tersebut sedang hamil. Hal ini lantaran siswi tersebut tidak menunjukkan ciri-ciri fisik kalau dirinya tengah hamil.

Disebutkan pula bahwa siswi tersebut memiliki tubuh gemuk, sehingga tidak terlalu terlihat kalau perutnya membesar karena hamil.

Berita mengenai siswi melahirkan saat ujian ini pun langsung menjadi heboh di media sosial. Netizen kembali menyorot soal mitos hamil di luar nikah membuat janin ‘bersembunyi’ sehingga tak membuat perut calon ibu membesar seperti kehamilan pada umumnya. Benarkah demikian?

Faktanya, ada banyak alasan yang melatarbelakangi ukuran perut kecil saat hamil. Melansir dari Bellybelly, semua ibu hamil mengalami berbagai bentuk dan ukuran perut yang berbeda-beda.

Dan, ukuran perut ibu hamil ini pun tak berbanding lurus dengan ukuran bayi. Jadi, bisa saja meski ukuran perut ibu hamil kecil, bayinya lahir dalam kondisi cukup berat badannya.

Begitu pula sebaliknya, ukuran perut ibu yang besar tak selalu akan melahirkan bayi berukuran besar pula.

Nah, ternyata, bentuk dan ukuran perut ibu hamil bisa berbeda-beda karena dipengaruhi oleh beberapa hal berikut:

1. Tinggi badan ibu hamil

Ibu hamil yang bertubuh pendek biasanya akan memiliki bentuk perut yang lebih besar, sehingga saat hamil akan terlihat terdorong ke depan.

2. Faktor keturunan

Salah satu hal yang juga memengaruhi perut kecil saat hamil adalah genetik.

3. Kehamilan pertama

Perut kecil saat hamil bisa terjadi pada perempuan yang mengandung anak pertama. Hal ini karena otot perutnya masih kencang, sehingga ukuran perut tidak akan terlalu membesar.

4. Jumlah air ketuban

Beberapa ibu hamil memiliki air ketuban yang terlalu sedikit sehingga bisa membuat bentuk perutnya lebih kecil.

5. Posisi janin

Posisi janin juga bisa membuat ukuran perut kecil saat hamil. Beberapa janin sangat aktif dan selalu mencari posisi di bawah. Saat janin berada dalam posisi ini, perut ibu hamil mungkin akan terlihat lebih rata.

Jadi, itu dia 5 penyebab perut kecil saat hamil, yang mungkin saja salah satunya menjadi alasan mengapa kehamilan siswi SMA di atas tak terdeteksi oleh orang-orang terdekatnya.

https://www.suara.com/health/2023/12/02/194425/siswi-sma-melahirkan-saat-ujian-tak-menunjukkan-tanda-tanda-kehamilan-apa-penyebab-perut-kecil-saat-hamil