Studi: Olahraga Sebelum Sarapan Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan
By: Date: 23 November 2019 Categories: menurunkan berat badan,Olahraga,Olahraga Sebelum Sarapan


Suara.com – Pernah merasa lapar berat setelah berolahraga? Wajar saja, sih, itu karena olahraga memang menguras banyak energi. Makanya, banyak orang memilih melakukan olahraga setelah sarapan, agar tubuh punya cadangan energi.

Tapi, mengutip Healthline, Sabtu (23/11/2019), penelitian justru menunjukkan bahwa olahraga sebelum sarapan lebih ampuh membakar lemak. Penelitian yang diterbitkan Journal of Clinical Endocrinology and Metabolism ini dilakukan para ilmuwan kesehatan Universitas Bath dan Birmingham di Inggris, mempelajari belasan laki-laki dengan kelebihan berat badan atau obesitas di wilayah Bath di Inggris.

Mereka yang berolahraga sebelum sarapan membakar lemak dua kali lipat lebih banyak daripada mereka yang berolahraga setelah sarapan. Penyebabnya, kondisi perut yang kosong semalaman membuat tubuh memiliki kadar insulin yang rendah selama berolahraga.

Dalam prosesnya, para peserta bersepeda dengan intensitas sedang, setelah sebelumnya mereka berhenti makan sebelum jam 8 malam. Di pagi hari, mereka dibagi dalam dua kelompok, mereka yang sarapan sebelum olahraga dan yang tidak sarapan. Faktanya, mereka yang olahraga setelah sarapan tidak mengalami perubahan gaya hidup maupun penurunan berat badan.

Adapun alasan peneliti mengembangkan studi ini adalah untuk membuktikan pengaruh waktu makan pada efektivitas olahraga.

Selain itu, peneliti juga menemukan bahwa olahraga sebelum sarapan bisa berdampak positif pada kesehatan, karena tubuh akan merespon insulin dengan lebih baik. Insulin adalah hormon yang mampu mengontrol kadar gula dalam tubuh. Ini berarti mereka juga akan rendah risiko penyakit jantung dan diabetes.

Gula darah yang terkontrol saat olahraga, maka lemak akan banyak digunakan sebagai bahan bakar saat berolahraga. Lalu dengan sendirinya, otot pun akan terbentuk.

“Yang paling penting dari studi ini adalah bahwa waktu makan erat kaitannya dengan olahraga, ini bisa punya dampak signifikan saat merespons olahraga,” ujar Javier Gonzalez, PhD Dosen Senior bidang Fisiologi Manusia University of Bath.

“Bagi orang yang ingin memaksimalkan manfaat dari berolahraga, melakukan beberapa sesi olahraga setelah bangun tidur sebelum sarapan cenderung memberikan manfaat lebih besar daripada melakukan olahraga setelah sarapan,” sambungnya.

Let’s block ads! (Why?)