Tanah Liat Ditemukan di Mars, Bukti Planet Itu Bisa Menampung Kehidupan Jangka Panjang – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 26 Juni 2022 Categories: Sains

PIKIRAN RAKYAT – Seringkali menjadi pertanyaan apakah di Mars benar-benar ada kehidupan, atau ungkapan itu hanya mitos belaka.

Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menunjukkan salah satu bagian tertentu dari Mars, yang katanya bisa menampung kehidupan beberapa kali selama miliaran tahun.

Melalui studi menyeluruh terhadap gambar yang diambil oleh Mars Reconnaissance Orbiter, para ilmuwan planet telah mengidentifikasi sedimen yang mengandung tanah liat di Ladon Valles utara, cekungan Ladon selatan, dan dataran tinggi barat daya di sekitar cekungan Ladon – semua bagian dari area Margaritifer Terra yang berkawah luas.

Baca Juga: The Umbrella Academy Bikin Heboh Twitter karena Ada Lafadz Allah Dalam Adegannya

Tanah liat menunjukkan keberadaan air yang bisa digunakan dalam jangka panjang, karena terbentuk di bawah kondisi pH netral dengan penguapan air minimal. 

Para Ilmuwan itu kemudian berpikir air mengalir di planet itu sudah ada dari sekitar 3,8 miliar tahun yang lalu hingga sekitar 2,5 miliar tahun yang lalu.

Selain itu, kata Catherine Weitz, seorang ilmuwan senior di Planetary Science Institute di Arizona mengatakan, sedimen berlapis warna-warni berwarna terang yang menunjukkan kemiringan lapisan yang relatif rendah dan mengandung tanah liat sepanjang 200 kilometer adalah bukti bahwa sebuah danau kemungkinan besar ada di dalam cekungan Ladon dan Ladon Valles utara.

Baca Juga: Waktu Terbaik untuk Melihat 5 Planet Sejajar dengan Mata Telanjang

Namun dia menjelaskan, hal itu bukan salah satu bukti kehidupan, jadi mereka perlu menggali lagi fosil di Mars.