Waktu Terbaik untuk Melihat 5 Planet Sejajar dengan Mata Telanjang – Pikiran-Rakyat.com – Pikiran Rakyat
By: Date: 26 Juni 2022 Categories: Sains

PIKIRAN RAKYAT – Masyarakat di seluruh dunia dihebohkan dengan fenomena 5 planet sejajar pada 24 Juni 2022.

Planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus, terlihat dalam satu garis lurus. Sebelumnya, fenomena itu pernah terjadi pada tahun 2004.

Sebetulnya, fenomena 5 planet sejajar sudah terjadi sejak tanggal 3 dan 4 Juni 2022, namun hanya bisa dilihat menggunakan teropong dalam waktu 30 menit. Pada 24 Juni 2022, fenomena 5 planet sejajar bisa dilihat dengan mata telanjang.

Waktu terbaik untuk melihat fenomena 5 planet sejajar adalah pagi hari, tepatnya 45 menit sebelum matahari terbit. Fenomena ini bisa dilihat sampai tanggal 30 Juni 2022.

Baca Juga: Zulkifli Hasan Sebut Kenaikan Harga Pangan di Indonesia Masih Batas Wajar: di Singapura Beras Rp32.000

Dikutip Pikiran-rakyat.com dari Live Science, fenomena 5 planet sejajar tidak membawa pertanda apa pun bagi Bumi. Itu hanya fenomena astronomi langka yang jarang terjadi.

Sebetulnya, planet-planet tidak berada dalam posisi sejajar di ruang angkasa. Kelima planet hanya terlihat sejajar jika dilihat dari Bumi.

Merkurius akan mengelilingi dalam kurung waktu 88 hari Bumi, sedangkan Venus setiap 12 tahun Bumi, dan Saturnus setiap 29 tahun Bumi.

Akibat garis waktu yang bervariasi, orbit membuat planet-planet ini saling berdekatan meski pada interval yang tidak teratur.***