Tetap Kenyang dan Enak, 5 Bahan Pengganti Nasi Ini Layak untuk Dicoba
By: Date: 13 Oktober 2020 Categories: Makanan Pokok,nasi

Suara.com – Nggak kenyang kalau belum makan nasi, begitu kurang lebih prinsip yang dipegang teguh oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Tapi faktanya, beberapa penelitian menyebutkan bahwa nasi bukan merupakan makanan pokok yang baik dibandingkan jagung dan gandum.

Sejumlah orang yang sedang menjalani diet, biasanya mengurangi porsi atau bahkan menghindari nasi. Untuk kalian yang ingin mencoba alternatif lain, bahan pengganti nasi ini bisa kalian coba.

Tak harus diet, beberapa bahkan pengganti nasi ini cocok untuk kalian yang sedang ingin menjalani pola makan sehat.

Yuk intip deretan bahan makanan pengganti nasi, yang berhasil kami rangkum dari laman Yukepo.com–Jaringan Suara.com, Selasa (13/10/2020).

Baca Juga:
Ratusan Warga Tasikmalaya Keracunan, Kadis Kesehatan: Petugas Temukan Amuba

Radiatori Pasta. (Instagram/@vongkitchen)
Radiatori Pasta. (Instagram/@vongkitchen)

Pasta terbagi dalam berbagai jenis seperti spaghetti, fettucine, penne, fusilli, dan lain sebagainya. Sebenarnya bahan baku dan rasa mereka sama saja kok, hanya berbeda pada bentuknya karena mereka diperuntukan untuk resep masakan yang berbeda.

Rasa pasta pada dasarnya sudah enak dan pastinya cocok kok untuk lidah orang Indonesia. Kamu hanya perlu pintar-pintar mencari resep topping-nya agar kenikmatan pasta kamu nggak kalah sama nasi padang.

Ilustrasi mengupas kulit kentang. (Pixabay/pasja1000)
Ilustrasi mengupas kulit kentang. (Pixabay/pasja1000)

Kentang juga pengganti nasi yang cukup kondang di Indonesia, tetapi seringkali kamu memasaknya dalam bentuk kentang goreng. Supaya lebih sehat lebih baik kamu jadikan mashed potato atau kentang tumbuk yang bisa kamu makan dengan steak atau telur.

Kamu pun bisa menambahkan kentang ke dalam sup atau makanan berkuah lain seperti laksa atau soto misalnya. Jadi kamu nggak perlu pakai nasi lagi. Atau ganti menu makan siang kamu dengan gado-gado tanpa lontong.

  • Kacang-kacangan
Tetap Kenyang dan Enak, 5 Bahan Pengganti Nasi Ini Layak untuk Dicoba - 3

Kacang-kacangan di Indonesia memang kurang populer dijadikan sebagai bahan makanan pokok. Padahal di luar negeri, terutama para vegetarian dan vegan sering menggunakannya sebagai bahan makanan pokok. Fungsinya sama dengan nasi, dicampur dengan sayuran dan bahan makanan pelengkap lain.

Baca Juga:
Hobi Sejak Kecil, Sri Muslimatun Sempat Ingin Jadi Koki dan Buka Restoran

Jagung dan kentang. (Shutterstock)
Jagung dan kentang. (Shutterstock)

Jagung juga lumayan familiar untuk orang Indonesia. Namun, kebanyakan kita gunakan sebagai camilan, seperti jagung rebus. Sebenarnya kamu pun bisa mencoba mencampurkannya dengan telur orak-arik sebagai menu sarapan.

Namun, kalau kamu masih susah kenyang hanya dengan makan jagung, coba deh nasi jagung yang cukup populer di Jawa Timur. Nasi jagung merupakan campuran nasi dengan jagung yang sudah ditumbuk sedemikian rupa. Bisa mengurangi porsi nasi kamu.

Tetap Kenyang dan Enak, 5 Bahan Pengganti Nasi Ini Layak untuk Dicoba - 5

Mi merupakan makanan dengan kandungan karbohidrat yang cukup familiar untuk orang Indonesia. Biasanya kamu temukan dalam bentuk bakmi goreng dan kuah, mi ayam, mi pangsit, mi kocok dan lain sebagainya. Bosan makan nasi, beralih ke mi saja. Asal jangan yang instan, ya!

Nah, itu dia tadi 5 bahan pengganti nasi yang bisa kalian jadikan pilihan. Selamat mencoba ya!

Let’s block ads! (Why?)