Vaksinasi Ampuh Kurangi Kematian Covid-19 Pada Penderita Jantung | merdeka.com – Merdeka.com
By: Date: 30 September 2021 Categories: berita kesehatan,Health,Health Info,kesehatan

Merdeka.com – Vaksinasi membawa banyak manfaat bagi masyarakat. Selain bisa mengurangi risiko terpapar Covid-19, vaksin Covid-19 juga bisa meringankan gejala yang muncul kala terpapar Covid-19. Bahkan vaksinasi juga terbukti mengurangi angka kematian pada pasien positif Covid-19 yang menderita penyakit jantung.

Ketua Umum Pengurus Pusat Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskular Indonesia (PP PERKI) Isman Firdaus menyampaikan, keberkaitan penyakit jantung dengan COVID-19. Sejak COVID-19 melanda di awal tahun 2020, data sudah dilaporkan, infeksi COVID-19 memperburuk pasien jantung.

“Kami dari PERKI meminta kepada seluruh masyarakat, terutama yang menderita penyakit jantung untuk menjaga protokol kesehatan dengan ketat. Kemudian melakukan vaksinasi supaya menghindari paparan COVID-19,” pesan Isman saat memberikan keterangan pers Hari Jantung Sedunia Tahun 2021 baru-baru ini.

“Apabila terinfeksi COVID-19 ya tidak serius dan mengurangi angka kematian dan juga manfaatkan penggunaan digital health atau telekonsultasi.” tambahnya.

Sebagaimana laporan yang dihimpun PERKI, baik di luar negeri maupun di Indonesia, terutama dari Tiongkok dan Amerika. Bahwa pasien yang mengalami paparan infeksi COVID-19 dapat mencetuskan perburukan.

“Jadi ,yang pasien jantung terpapar COVID-19 akan menyebabkan perbutukan yang serius dari penyakit kardiovaskular serta kematian. Laporan di rumah sakit, 16,3 persen ternyata di ruang isolasi mempunyai komorbid penyakit kardiovaskular,” terangnya.

Data juga menunjukkan, biasanya pasien serangan jantung menyumbang angka kematiannya 8 persen di Indonesia, namun tatkala terinfeksi COVID-19 angka kematiannya meningkat 22-23 persen.

Oleh karena itu, penting bagi Anda yang mengidap penyakit jantung, agar segera konsultasi ke dokter untuk rencana vaksinasi. Jika memenuhi syarat, maka jangan tunda untuk segera melakukan vaksinasi Covid-!9. Selain itu, jangan lupa untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Sumber: Liputan6.com
Reporter:Fitri Haryanti Harsono [dzm]