Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Pekerja Shift Malam
By: Date: 30 Januari 2020 Categories: Hidup Sehat,makanan pekerja malam,makanan sehat di malam hari,makanan shift malam,Nutrisi

Untuk bisa bekerja dan berkonsentrasi dengan baik, normalnya manusia beraktivitas dari pagi sama sore hari. Pada malam hari, tubuh memang waktunya harus beristirahat agar bisa kembali fit keesokan harinya. 

Namun pada beberapa kondisi, ada beberapa pekerjaan yang mengharuskan seseorang untuk bekerja aktif atau terjaga di malam hari. Beberapa contoh pekerjaan shift malam antara lain seperti penjaga keamanan atau call center 24 jam

Nah, saat bekerja shift malam atau pagi, umumnya seseorang butuh asupan makanan yang sehat. Makanan untuk orang yang beraktivitas di shift malam tidak boleh asal atau makan sembarangan.  Tubuh butuh asupan nutrisi khusus yang bisa menjaga agar stamina tetap bugar dan tidak menyebabkan berbagai masalah kesehatan kedepannya. Apa saja makanan yang baik dikonsumsi pekerja shift malam?

Makanan yang baik dan wajib dimakan untuk pekerja shift malam

1. Makanan dengan indeks glikemik rendah (GI)

Menurut artikel dari Australian Nursing and Midwifery Journal (ANMJ), saat kerja malam Anda harus makan makanan yang mengandung indeks glikemik rendah.

Pasalnya, pankreas manusia yang bekerja mengolah gula dalam darah tidak berfungsi dengan baik di malam hari. Saat Anda makan makanan mengandung GI tinggi, ini akan memperberat kerja pankreas.

Maka dari itu, orang yang kerja shift malam disarankan mengonsumsi makanan dengan kandungan indeks glikemik yang rendah. Misalnya, yang berbahan dasar kacang-kacangan, biji-bijian, dan yoghurt. Makanan dengan indeks glikemik yang rendah dicerna tubuh lebih lambat, sehingga tidak langsung membuat gula darah naik. 

2. Karbohidrat kompleks

Orang yang bekerja di shift malam umumnya membutuhkan asupan energi tambahan dari makanan untuk tetap terjaga, alias tidak ngantuk. Energi tersebut bisa didapat dari makan makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. 

Karbohidrat kompleks mengandung serotonin  yang dapat membantu tubuh rileks. Serat dalam makanan karbohidrat kompleks juga bisa membuat pekerja shift malam bisa lebih kenyang sampai waktu makan berikutnya. 

Alhasil, pekerja shift malam tidak harus makan banyak, alias lebih dari sekali yang bisa menyebabkan ngantuk di malam hari. Beberapa makanan mengandung karbohidrat kompleks yang dapat dikonsumsi malam hari adalah pasta gandum, kentang, dan juga nasi merah. 

3. Makanan yang membuat tubuh Anda tetap terhidrasi

Audra Starkey, ahli gizi sekaligus narasumber dari ANMJ, mengatakan bahwa pekerja shift malam disarankan mengonsumsi makanan yang bisa menghidrasi tubuhnya.

Fungsi hidrasi tubuh adalah untuk mencegah kelelahan. Pasalnya, ketika tubuh dipaksa untuk tetap bangun di malam hari, tubuh akan lelah dan lemas. 

Tubuh yang lemas dan lelah cenderung jadi mudah dehidrasi. Maka itu, Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi makanan yang mengandung banyak cairan. Misalnya sop ayam atau krim sup rendah lemak atau makanan berkuah lainnya. 

Selain itu, makan buah seperti melon atau semangka di malam hari juga membantu Anda tetap terhidrasi secara cukup. 

4. Lemak dan protein sehat

Selain itu, Audra Starkey juga menyarankan para pekerja malam bawa bekal makanan yang mengandung lemak sehat serta protein. 

Lemak sehat dan protein akan membuat Anda lebih kenyang lebih lama sehingga rasa ingin makan makanan tidak sehat bisa dicegah. Umumnya orang yang kerja malam dan makan makanan berlemak di sela-sela aktivitasnya, cenderung ke depannya akan ngidam makanan manis atau yang tidak sehat. 

Untuk itu, Anda bisa mengonsumsi alpukat, keju cottage, kacang-kacangan, telur, tahu atau tempe yang bisa bikin perut kenyang lebih lama dan juga menyehatkan.

Baca Juga:

Let’s block ads! (Why?)