Susah Tidur? Ini 5 Trik Agar Mudah Ngantuk dan Terlelap
By: Date: 15 Januari 2020 Categories: Insomnia,ngantuk,susah tidur


Suara.com – Susah Tidur? Ini 5 Trik Agar Mudah Ngantuk dan Terlelap

Sering susah tidur di malam hari meskipun badan sudah lelah? Bisa jadi Anda mengalami apa yang disebut sebagai insomnia.

Dirangkum dari berbagai sumber, 5 trik ini dipercaya bisa membuat Anda lebih mudah tidur dan tidur lebih nyenyak. Mau coba?

1. Tenangkan pikiran

Tak ngantuk dan sulit tidur, jangan panik. Panik dan khawatir justru membuat Anda semakin sulit tidur.

Tenangkan pikiran dan jangan khawatir dengan kesibukan esok hari. Sebagai gantinya, sugestikan ke diri Anda bahwa sekarang saatnya istirahat agar besok bisa beraktivitas maksimal.

Ilustrasi pasangan meditasi di kamar tidur. (Shutterstock)
Ilustrasi pasangan meditasi di kamar tidur. (Shutterstock)

2. Keluar kamar

Susah mengantuk dan gelisah di kasur? Segera keluar kamar ya. Memaksakan tidur di kasur justru tidak baik, karena hanya menambah rasa cemas dan khawatir.

Jika Anda sudah lebih dari 20 menit di atas kasur dan tak juga tidur, segera keluar kamar dan lakukan aktivitas lain seperti membaca ata menonton televisi.

3. Tulis diary

Siapa yang masih menulis diary secara rutin? Jangan tertawa, menulis diary di kala tak bisa tidur bisa membuat ngantuk lho.

Menulis diary merupakan bagian dari mengekspresikan pikiran. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk untuk mengatasi stres.

Ilustrasi musik klasik. (Shutterstock)
Ilustrasi musik klasik. (Shutterstock)

4. Musik klasik

Beberapa musik karya musisi ternama seperti Ed Sheeran, Coldplay, dan Brian Eno diketahui baik untuk menemani Anda tidur.

Namun manfaat terbesar diberikan oleh genre musik klasik. Musik yang dibuat oleh Johann Sebastian Bach, Wolfgang Amadeus Mozart, dan Frederic Chopin disebut memiliki dampak paling besar dalam membuat seseorang tidur lebih cepat dan nyenyak.

5. Metode 4-7-8

Trik sederhana yang disebut metode 4-7-8 ini dipercaya bisa Anda segera tidur.

Pertama, berbaringlah dengan nyaman di tempat tidur Anda. Sekarang cukup bernapas melalui hidung selama empat detik, tahan napas selama 7 detik. Kemudian bernapas perlahan melalui mulut selama delapan detik. Ulangi proses ini sampai Anda tertidur.

Let’s block ads! (Why?)